GTK dan Tenaga Administrasi
Foto Bersama Bersama Kepala Sekolah Bpk. Alex B. Mena, S.Pd, M.Pd dan Dewan Guru serta Tenaga Administrasi
PESERTA DIDIK KELAS 9
Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Bpk. L. Kaluti
Peserta Didik Kelas 8 Flamboyan
Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Ibu Almeida Tumani, S.Th
Peserta Didik Kelas 8 Teratai
Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Ibu Feybe Ndawu, S.Th
Peserta Didik Kelas 7 Asoka
Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Ibu Dra. Suyatni Ponsedo
Peserta Didik Kelas 7 Bogenfil
Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Ibu Selfian Gogali, S.Pd
Sunday, February 5, 2017
Astra International Membuka Kesempatan Berkarir Menjadi Guru
Perusahaan perkebunan kelapa sawit bagian dari Group Astra membuka kesempatan berkarir sebagai guru pada jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk ditempatkan di Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi.
Saturday, February 4, 2017
Multy Spray Pengganti P3K Di Rumah
MSI Multy Spray merupakan produk MSI terbaru, MSI Multy Spray adalah versi baru dari MSI Bio Spray yang selama ini sudah sangat Populer di masyarakat.
Harga Eceran Rp. 100.000 / botol dan Harga Member Rp. 300.000 / paket (1 paket berisi 5 botol)
Untuk informasi lebih lanjut Hubungi Saya.
Ikatan Guru Indonesia: Membangun Profesionalisme Guru
Ikatan Guru Indonesia merupakan salah satu organisasi profesi guru yang ada di Indonesia. Dengan motto "Sharing and Growing Together" Ikatan Guru Indonesia (IGI) berkomitmen mengembangkan profesionalitas guru di Indonesia.
Dibawah kepemimpinan Muhammad Ramli Rahim, IGI terus berbenah dan terus mengembangkan sayap kepengurusan di berbagai daerah. Saat ini hampir dari Sabang sampai Merauke IGI telah memiliki kepengurusan daerah sebagai perpanjangan tangan kepengurusan pusat IGI.
Inovasi IGI dalam mengembangkan profesionalitas guru salah satunya Pelatihan SAGUSABLOG. Sagusablog adalah akronim dari Satu guru Satu Blog. Melalui pelatihan SAGUSABLOG guru diharapkan dapat menghasilkan sebuah blog tempat mengembangkan kreativitas, ide dan informasi yang bermanfaat.
Syarat utama menjadi Peserta SAGUSABLOG adalah telah menjadi Anggota IGI. Ada beberapa modul yang harus diselesaikan oleh peserta pelatihan yang dimulai pada Kelas Dasar dengan tagihan 6 modul. Setelah dinyatakan lulus pada Kelas Dasar maka dinyatakan layak untuk lanjut ke Kelas Lanjutan dengan tagihan 9 modul.
Penerimaan Guru Kontrak Daerah Kabupaten Morowali Utara
Friday, February 3, 2017
Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 1
Berikut Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : SMP GKSST ENSA
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 1.
Memahami dialog interaktif pada tayangan televise / siaran radio
Kompetensi Dasar : 1.1.Menyimpulkan isi dialog interaktif
beberapa narasumber pada
tayangan televis / siaran radio.
tayangan televis / siaran radio.
Alokasi
waktu : 2 / 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat membuat kesimpulan isi dialog interaktif beberapa narasumber
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi
Pembelajaran
a.
Mendengarkan dialog interaktif
b.
Membuat kesimpulan isi dialog interaktif
3. Metode
Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b.
Diskusi
4. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan
Awal
Apersepsi :
1. Peserta
didik mencermati tampilan gambar yang sudah disediakan guru
2. Peserta didik dan guru bertanya jawab
tentang gambar yang ditampilkan
Memotivasi :
Menyimpulkan
isi dialog interaktif
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang
baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik dapat membuat kesimpulan
isi dialog interaktif beberapa narasumber.
F melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik.
F Peserta didik dan guru menyimpulkan cara memberikan
komentar yang baik
5. Sumber Belajar
a,.
Gambar
b.
Rekaman dialog interaktif
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Menentukan tema dialog interaktif
· Menyimpulkan isi dialog
interaktif
dengan
alasan yang logis
|
Tes tulis
|
Uraian
|
§ Tulislah tema dialog interaktif
yang diperdengarkan ini!
§ Simpulkan isi dialog
yang kamu dengar!
|
Pedoman
Penilaian
1. Tuliskan hal-hal penting yang ada dalam
dialog interaktif tersebut !
Kegiatan
|
Skor
|
Peserta didik menulis hal-hal penting dengan lengkap
|
2
|
Peserta didik menulis sebagian saja bagian
penting dalam dialog
|
1
|
Peserta didik tidak dapat menuliskan sama sekali
|
2. Tuliskan informasi yang terdapat dalam dialog interaktif !
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Penyusunan struktur kalimat
|
||||
Ketepatan penggunaan bahasa
|
3. Tuliskan
kesimpulan setelahh mendengrkan dialog interaktif tersebut !
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Ketepatan merumuskan kesimpulan
|
||||
Kelogisan penulisan kesimpulan
|
||||
Ketepatan penggunaan bahasa
|
4.
Tuliskan komentarmu terhadap pendapat para narasumber dalam dialog
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Ketepatan merumuskan komentar
|
||||
Kelogisan penulisan komentar
|
||||
Ketepatan penggunaan bahasa
|
Skor
maksimal :
No. 1 : 2
No. 2 : 8
No. 3 : 12
No. 4 : 12
34
Perhitungan
nilai akhir
Nilai
akhir : Skor yang diperoleh
Skor
maksimak
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
( Vonny Andretha Wonte, S. Pd
)
NIP. 19610310 198111 2 003
|
Ensa, Januari 2016
Guru Mapel Bahasa Indonesia
(Dra. Suyatni. Ponsedo)
NIP. 196509152005022001
|
Paduan Suara Etnik Mori Atas (Jemaat Zoar Ensa) : Pelangkaido Ne'edo
Video Paduan Suara ini diambil ketika Kontingen Mori Atas yang diwakili olej Jemaat Zoar Ensa mengikuti kegiatan Persparawi (Pesta Paduan Suara Gerejawi) Tingkat Kabupaten Morowali Utara di Kolonodale Tahun 2013.
Manfaat Pijatan Lembut Untuk Bayi
Aktivitas memandikan si kecil memang salah satu momen paling menyenangkan. Bermain air, melihat wajah mungilnya tertawa, menggerakkan tangan dan kaki dengan riang membuat perasaan kita tenang. Namun jangan sekadar membersihkan tubuhnya. Beri juga sentuhan berupa pijatan halus. Pijatan lembut dengan tekanan konstan memiliki banyak manfaat. Pertanyaannya, bagian mana saja yang boleh dipijat dan apa manfaatnya? Praktisi neurosains terapan, Anne Gracia, menyebut beberapa bagian tubuh si kecil yang bisa dirangsang seperti yang dikutip dari klikdokter.com:
Thursday, February 2, 2017
Matematika Kelas VIII : Panjang Lintasan dari Perputaran Roda Kendaraan
Jika keliling sebuah roda = K, roda itu berputar sebanyak N kali, dan panjang lintasan yang dilalui roda itu j, maka hubungan itu ditunjukkan oleh formula berikut:
j = K x N
K = j / N
N = j / K
Wednesday, February 1, 2017
Contoh Format Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) PNS
Tentunya sebagai Guru dalam Jabatan Fungsional tertentu akan disibukkan dengan penyusunan SKP` Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) merupakan salah satu indikator prestasi kinerja pegawai dalam mencapai target kerja. SKP adalah Sasaran Kerja Pegawai yang ada dalam salah satu unsur di dalam Penilaian Prestasi Kerja PNS yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011.