SMP Kristen Ensa

Peserta dan Pendamping Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Propinsi di Luwuk

Pendamping : Aditya Ponsedo, S.Pd. Peserta : Nifauzan Sandewa, Arlifni Sialla, Amel Kaiya, Gava Kempa, Regina Dasina

Tim Voli Ball Putera dan Puteri

Foto Bersama Juara 1 Turnamen Voli Tingkat SMP di Tentena

Tim Voli Ball Putri

Foto Bersama Tim Voli Ball Putri Juara 1 Turnamen Bola Voli Tingkat SMP Tahun 2024 dan 2025

Tim Sepakbola Sprinsa

Foto Bersama Pemain dan Pelatih Aldevit Mena, S.Pd

Pemberian Bantuan Laptop Kepada Sekolah Penggerak

Foto Bersama Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Daerah Bpk. Moh. Ridwan DM., S.Ag

Info Tentang Libur Idul Fitri 1446 H

Revisi Edaran Libur Idul Fitri 1446 H

Ucapan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

Selamat menjalankan ibadah puasa 1446H

Selasa, 18 Februari 2025

 

Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Guru, Tenaga Kependidikan dan Pendidikan Guru (Ditjen GTKPG) Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah dengan Asia Pacific Centre of Education for International Understanding (APCEIU) UNESCO dibawah naungan Kementerian Pendidikan Korea Selatan bekerja sama dalam bidang pendidikan. Salah satu program kerja sama dimaksud adalah penyelenggaraan Program Pertukaran Guru Indonesia-Korea (Indonesian-Korean Teacher Exchange/IKTE) yang telah berlangsung sejak tahun 2013. Program pertukaran bilateral ini memberikan kesempatan bagi guru Indonesia yang berpartisipasi untuk mengajar dan mengikuti kegiatan pendidikan di sekolah-sekolah di Korea selama tiga bulan yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan November 2025.

Program pertukaran ini tidak hanya meningkatkan kompetensi global bagi para guru namun juga memperkuat kesadaran budaya dengan berbagi metode pengajaran yang berfokus pada Pendidikan Kewarganegaraan Global/Global Citizenship Education (GCED) dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs).

Pendaftaran program IKTE tahun ini dibuka pada tanggal 17 Februari sampai dengan 18 Maret 2025. Calon peserta yang dapat mengikuti program tahun ini adalah guru-guru dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK non-kejuruan yang berada di 15 (lima belas) provinsi/kab/kota sasaran yakni

  1. Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Bengkulu
  2. Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Riau
  3. Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Kepulauan Riau
  4. Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Jambi
  5. Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Lampung
  6. Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Aceh
  7. Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Kalimantan Utara
  8. Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan
  9. Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah
  10. Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Kalimantan Barat
  11. Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah;
  12. Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Sulawesi Barat
  13. Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Maluku;
  14. Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Papua
  15. Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Papua Barat
Ayo manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Untuk lebih jelasnya silahkan diunduh dilink: 





Berikut Naskah Akademik PEMBELAJARAN MENDALAM Menuju Pendidikan Bermutu Untuk Semua

 


Pembelajaran Mendalam (PM) dirancang sebagai pendekatan yang mampu menjawab tantangan krisis pembelajaran dan kebutuhan pembelajaran abad ke-21. Pendekatan ini bertujuan untuk mendorong pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi, penerapan pengetahuan dalam konteks dunia nyata, serta pembelajaran yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.
Naskah ini disusun sebagai landasan akademik untuk mendukung implementasi Pembelajaran Mendalam di Indonesia dalam rangka menciptakan ekosistem pendidikan yang kondusif dan berdaya saing global. Proses penyusunan naskah akademik ini melibatkan berbagai pihak, mulai dari akademisi, praktisi pendidikan, hingga pemangku kepentingan. Melalui kajian literatur mendalam dan diskusi kelompok terpumpun, berbagai aspek filosofi, teori, konsep, hingga strategi implementasi, Pembelajaran Mendalam telah dirumuskan secara komprehensif. Dalam naskah ini, kami juga menggarisbawahi pentingnya penguatan peran guru, kepala sekolah, dan pengawas, serta ekosistem pembelajaran yang kolaboratif dan berbasis teknologi digital.

Pemanfaatan teknologi merupakan peluang akses pendidikan bagi berbagai lapisan masyarakat.  Momentum Bonus Demografi 2035 dan visi Indonesia Emas 2045 menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi sistem pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, pendidikan memiliki peran penting dalam menciptakan generasi menuju visi Indonesia Emas 2045. Pendidikan dasar dan menengah di Indonesia berupaya dengan cepat dan tepat untuk mengakselerasi dampak pendidikan melalui berbagai pendekatan pembelajaran, salah satunya Pembelajaran Mendalam (PM).

Untuk konteks Indonesia, PM bukan kurikulum melainkan suatu pendekatan pembelajaran. Pembelajaran Mendalam juga bukan pendekatan baru dalam sistem pendidikan Indonesia. Sejak tahun 1970-an telah dikenalkan pendekatan pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM), Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM), Contextual Teaching and Learning (CTL). Akan tetapi, semua pendekatan tersebut masih banyak menghadapi kendala baik dalam tataran konsep maupun implementasi. Oleh karena itu, PM berfungsi sebagai fondasi utama dalam peningkatan proses dan mutu pembelajaran.

Untuk lebih lengkapnya silahkan diunduh dilink: NASKAH AKADEMIK PEMBELAJARAN MENDALAM



Senin, 10 Februari 2025

PERBAIKAN DATA PESERTA DIDIK UNTUK PENERBITAN E-IJAZAH UNTUK LULUSAN TAHUN AJARAN 2024/2025

 

Kementerian Pendidika Dasar dan Menengah (KEMENDIKDASMEN) melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (PUSDATIN) kembali mengingatkan kepada seluruh satuan pendidikan untuk segera melakukan verifikasi dan validasi data peserta didik tingkat akhir. Hal ini dilakukan dalam rangka persiapan penerbitan e-ijazah yang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 58 Tahun 2024.

Dalam surat edaran yang telah dikeluarkan oleh Pusdatin, disebutkan bahwa satuan pendidikan perlu memastikan beberapa hal, yaitu:

  • Satuan pendidikan memastikan kesesuaian nama satuan pendidikan sebagaimana tercantum pada izin penyelenggaraan. Apabila nama satuan pendidikan belum sesuai dengan yang tercantum pada izin penyelenggaraan, lakukan pembaruan nama satuan pendidikan melalui VervalSP pada laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id oleh admin dinas sesuai dengan kewenangan;
  • Satuan pendidikan memastikan kesesuaian jumlah peserta didik tingkat akhir pada laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pd_akhir/. Apabila jumlah peserta didik belum sesuai, lakukan pembaruan jumlah data peserta didik pada aplikasi Dapodik;
  • Satuan pendidikan memastikan validitas data peserta didik tingkat akhir pada laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pd_akhir/. Apabila ditemukan data peserta didik belum sesuai (masuk kategori data residu), lakukan pembaruan data melalui aplikasi VervalPD pada laman https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id atau arsip NISN pada laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id; dan
  • Satuan pendidikan memastikan kesesuaian penugasan kepala sekolah. Apabila penugasan kepala sekolah belum sesuai, lakukan pembaruan penugasan kepala sekolah pada aplikasi Dapodik oleh admin dinas sesuai dengan kewenangan.
Dengan adanya imbauan ini, maka diharapkan seluruh satuan pendidikan dapat segera melakukan verifikasi dan validasi data peserta didik. Hal ini akan mempercepat proses penerbitan e-ijazah dan memastikan kelengkapan serta keabsahan dokumen tersebut.
Download Surat Pemberitahuan Verifikasi Data Awal E-Ijazah disini

Senin, 06 Januari 2025

Apel Perdana Hari Pertama Sekolah Di SMP Kristen Ensa

 

Senin, 6 Januari 2025 Dewan Guru dan Peserta Didik SMP Kristen GKST Ensa melaksanakan apel perdana pada hari pertama masuk sekolah setelah libur Natal dan Tahun Baru. Dalam apel perdana tersebut dimulai dengan Ibadah Pagi yang dipimpin oleh siswa atas nama Jeslin Mangaku. Selanjutnya dilanjutkan oleh arahan Guru Piket dan Kepala Sekolah. 

Dalam arahannya, Kepala Sekolah terus menghimbau di tahun 2025 agar kedisiplinan, semangat belajar dan tanggung jawab atas kebersihan sekolah agar terus ditingkatkan. Semangat baru tahun 2025 menjadi motivasi untuk terus memperbaiki diri sehingga peningkatan kinerja akan lebih baik lagi. Dalam apel pagi tersebut juga dihadiri oleh tenaga honorer Non ASN yang masih setia dan semangat diawal tahun baru.


Selain apel perdana di sekolah, Tenaga Non ASN yang mengikuti tahapan seleksi tahap 1 dan tahap 2 Calon ASN PPPK Tenaga Teknis juga mengikuti apel perdana di kantor Kecamatan Mori Atas.


Setelah pelaksanaan apel pagi dilanjutkan dengan jabatan tangan dengan seluruh Dewan Guru dan Peserta Didik sebagai tanda ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru.

Selanjutnya dilaksanakan Senam Anak Indonesia Hebat (SAIH) dan gerakan kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.




@Admin_Sprinsa





Sabtu, 04 Januari 2025

Beasiswa SMART : Sinar Mas

Apakah anda anak mudaberpreagasi..?

Simak info beasiswa berikut ini.. 


Apa itu Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)

 


Pembelajaran Mendalam merupakan pendekatan yang memuliakan dengan menekankan pada penciptaan suasana belajar dan proses pembelajaran berkesadaran (mindful), bermakna (meaningful), dan menggembirakan (joyful) melalui olah pikir (intelektual), olah hati (etika), olah rasa (estetika), dan olah raga (kinestetik) secara holistik dan terpadu

8 Dimensi Profil Lulusan

  1. Keimanan dan Ketakwaant erhadap Tuhan YME. Individu yang memiliki keyakinan teguh akan keberadaan Tuhan serta menghayati nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Kewargaan. Individu yang memiliki rasa cinta tanah air, mentaati aturan dan norma sosial dalam kehidupan bermasyarakat, memiliki kepedulian, tanggungjawab sosial, serta berkomitmen untuk menyelesaikan masalah nyata yang terkait keberlanjutan manusia dan lingkungan.
  3. Penalaran Kritis. Individu yang mampu berpikir secara logis, analitis, dan reflektif dalam memahami, mengevaluasi, serta memproses informasi untuk menyelesaikan masalah.
  4. Keativitas. Individu yang mampu berpikir secara inovatif, fleksibel, dan orisinal dalam mengolah ide atau jnformasi untuk menciptakan solusi yang unik da bermanfaat.
  5. Kolaborasi. Individu yang mampu bekerja sama secara efektif dengan orang lain secara gotong royong untuk mencapai tujuan bersama melalui pembagian peran dan tanggung jawab.
  6. Kemandirian. Individu yang mampu bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya sendiri dengan menunjukkan kemampuan untuk mengambil inisiatif, mengatasi hambatan, dan menyelesaikan tugas secara tepat tanpa bergantung pada orang lain.
  7. Kesehatan. Individu yang memiliki fisik yang prima, bugar, sehat, dan mampu menjaga keseimbangan kesehatan mental dan fisik untuk mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin (well-being).
  8. Komunikasi. Individu yang memiliki kemampuan komunikasi intrapribadi untuk melakukan refleksi dan antarpribadi untuk menyampaikan ide, gagasan, dan informasi baik lisan maupun tulisan serta berinteraksi secara efektif dalam berbagai situasi.
Untuk penjelasan lebih lengkap dari Puskurjar dapat dilihat di link berikut Apa Itu Pembelajaran Mendalam


Jumat, 11 Oktober 2024

Yuk Pelajari Modul Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses belajar mengajar dimana peserta didik dapat mempelajari materi pelajaran sesuai dengan kemampuan, apa yang disukai, dan kebutuhannya masing-masing sehingga mereka tidak frustasi dan merasa gagal dalam pengalaman belajarnya.  (Breaux dan Magee, 2010; Fox & Hoffman, 2011; Tomlinson, 2017). 

Dalam pembelajaran berdiferensiasi, guru harus memahami dan menyadari bahwa tidak ada hanya satu cara, metode, strategi yang dilakukan dalam mempelajari suatu bahan pelajaran.  Guru perlu menyusun bahan pelajaran,  kegiatan-kegiatan, tugas-tugas harian baik yang dikerjakan di kelas maupun yang di rumah, dan asesmen akhir sesuai dengan kesiapan peserta didik dalam mempelajari bahan pelajaran tersebut, minat atau hal apa yang disukai peserta didiknya dalam belajar, dan bagaimana cara menyampaikan pelajaran yang sesuai dengan profil belajar peserta didiknya.

Jadi dalam pembelajaran berdiferensiasi ada 3 aspek yang bisa dibedakan oleh guru agar peserta didiknya dapat mengerti bahan pelajaran yang mereka pelajari, yaitu aspek konten yang mau diajarkan, aspek proses atau kegiatan-kegiatan bermakna yang akan dilakukan oleh peserta didik di kelas, dan aspek ketiga adalah asesmen berupa pembuatan produk yang dilakukan di bagian akhir yang dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.

Pembelajaran berdiferensiasi berbeda dengan pembelajaran individual seperti yang dipakai untuk mengajar anak-anak berkebutuhan khusus.  Dalam pembelajaran berdiferensiasi guru tidak menghadapi peserta didik secara khusus satu persatu agar ia mengerti apa yang diajarkan.  Peserta didik dapat berada di kelompok besar, kecil atau secara mandiri dalam belajar.

Untuk lebih memahami tentang Model Pembelajaran Berdiferensiasi, yuk silahkan dibaca materinya atau didownload pada link berikut ini:

Buku Model Pembelajaran Berdiferensiasi



Jumat, 12 April 2024

Cara Mengecek Penerima Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP)

 



Apa itu Program PIP..???

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal SD sampai SMA/SMK dan jalur non formal paket a smpai paket c dan pendidikan khusus. melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Siapa saja calon Penerima PIP yang bisa diusulkan..?

  • Peserta Didik pemegang KIP
  • Peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:
    • Peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:
    • Peserta Didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan
    • Peserta Didik dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera
    • Peserta Didik yang berstatus yatim piatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan
    • Peserta Didik yang terkena dampak bencana alam
    • Peserta Didik yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah
    • Peserta Didik yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah
    • Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan non formal lainnya
Nah, bagaimana cara mengecek data apakah termasuk sebagai penerima PIP ??
Berikut langkah-langkahnya :

1. Silahkan klik link berikut : https://pip.kemdikbud.go.id/home_v1. Kemudian akan tampil seperti


2. Silahkan menuju ke tampilan "Cari Penerima PIP" berikut :


3. Masukkan NISN, NIK dan Hasil Penjulahan Angka Yang Muncul.
4. Setelah itu Pilih Tombol Warna Biru bertuliskan Cari Penerima PIP
5.  Jika Nama Anda sebagai Penerima, akan muncul pemberitahuan dselanjutnya

Demikian cara singkat mengecek data penerima PIP
 




Seleksi Calon Penulis Buku Teks Utama Mata Pelajaran Program Keahlian dan Konsentrasi Keahlian Jenjang SMK/MAK Tahun 2024


Pusat Perbukuan - Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan - Kemendikbudristek, mempunyai tugas dan fungsi untuk menyediakan buku pendidikan yang bermutu. Salah satu penyediaan Buku Teks Pelajaran SMK/MAK dilakukan melalui penyusunan Buku.

Pusat Perbukuan membuka pendaftaran calon penulis Buku Teks Utama Mata Pelajaran Program Keahlian dan Konsentrasi Keahlian Jenjang SMK/MAK Tahun 2024. Formulir ini digunakan untuk menjaring calon penulis buku teks pelajaran (Buku Siswa dan Buku Panduan Guru). Penulis terpilih diharapkan berkomitmen untuk menyusun buku teks pelajaran bersama Pusat Perbukuan.

Judul buku/Mata Pelajaran yang akan disusun di tahun 2024:
1. Dasar-Dasar Teknika Kapal Penangkapan Ikan (Fase E) 
2. Dasar-Dasar Teknika Kapal Niaga (Fase E) 
3. Agribisnis Perbenihan Tanaman (Fase F) 
4. Teknik Energi Surya, Hidro, dan Angin (Fase F) 
5. Nautika Kapal Niaga (Fase F) 
6. Animasi (Fase F) 
7. Pengembangan Gim (Fase F) 
8. Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan (Fase F) 
9. Manajemen Logistik (Fase F) 
10.Teknik Alat Berat (Fase F) 
11. Asisten Keperawatan dan Caregiver (Fase F) 
12. Kuliner (Fase F)


Seleksi dilakukan sesuai prosedur yang ditetapkan. Panitia Seleksi (Pusat Perbukuan) akan menghubungi Bapak/Ibu Calon Penulis  apabila terpilih dalam seleksi ini sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Formulir pendaftaran ditutup pada tanggal 1 Mei 2024 pukul 22.00 WIB. Untuk melakukan pendafftaran, silahkan klik link berikut:

Kriteria umum calon penulis:
  • Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia 
  • Guru mata pelajaran dari 12 mata pelajaran (10 mata pelajaran fase F dan 2 mata pelajaran fase E) atau Akademisi/Praktisi pada bidang yang relevan. 
  • Berlatar belakang pendidikan minimal S1/sederajat dengan latar belakang pendidikan yang relevan.
  • Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun dalam bidang ilmu terkait bagi guru dan akademisi
  • Memiliki pengalaman minimal 5 tahun di dunia usaha dan industri untuk praktisi dan pelaku industri.
  • Memahami Kurikulum Merdeka dan paradigma SMK/MAK.
  • Lebih diutamakan memiliki pengalaman dalam menulis buku/bahan ajar/modul/karya tulis pada bidang terkait.
  • Bersedia bekerja dalam tim yang ditentukan oleh Pusat Perbukuan dan mengikuti tahapan penyusunan buku teks SMK/MAK.

Apabila terdapat permasalahan dalam pengisian formulir, dapat menghubungi Admin Pusbuk dengan nomor kontak/whatsapp 081188805220 atau melalui email perbukuan3.kemendikbud@gmail.com.

Selamat mencoba!


Beasiswa Non Gelar atau Microcredential Bidang Bahasa Inggris Tahun 2024

 

Halo Sahabat Sprinsa!
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) berkomitmen untuk mempersiapkan guru profesional masa depan. Direktorat Guru Pendidikan Dasar memberikan kesempatan kepada Guru SD di Indonesia, untuk dapat mengikuti program beasiswa non gelar atau microcredential bidang Bahasa Inggris, Innovative Pedagogy for Teaching English (IPTE) pada Buckeye Language Education Resource (BuckLER) Center, Ohio State University, Amerika Serikat yang akan diselenggarakan secara daring.

 Jadwal Pendaftaran:

Pendaftaran dibuka pada tanggal 27 Maret s.d. 25 Mei 2024. Untuk melakukan pendaftaran silahkan klik tautan berikut Daftar Sekarang

Apa sajakah persyaratannya, Yuk simak berikut ini ...!

Sasaran Program

Target peserta Beasiswa Microcredential bidang bahasa Inggris dengan The Ohio State University, Amerika Serikat ini adalah guru Sekolah Dasar (SD)

Persyaratan

Berikut Persyaratan pendaftaran Beasiswa Microcredential bidang bahasa inggris pada The Ohio State University, Amerika Serikat

A. Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Guru ASN atau Guru Tetap Yayasan;
  3. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
  4. Memiliki kualifikasi akademik Bahasa Inggris;
  5. Sudah mengajar/membimbing/bertugas paling sedikit 2 (dua) tahun berturut-turut di satuan pendidikan SD (dibuktikan dengan surat tugas mengajar);
  6. Sekurang-kurangnya memiliki kualifikasi akademik studi program strata satu (S1/DIV);
  7. Tidak sedang menerima atau akan menerima beasiswa degree maupun non-degree dari sumber lain selama menjadi penerima beasiswa;
  8. Memiliki kemampuan penggunaan TIK;
  9. Memiliki jaringan internet yang memadai;
  10. Melampirkan surat rekomendasi dari atasan (format terlampir);
  11. Melampirkan surat pernyataan pernah/sedang mengajar Bahasa Inggris (format terlampir);
  12. Melampirkan surat keterangan sehat;
  13. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran daring.

 B.  Persyaratan Khusus

  1. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar 50 (lima puluh) tahun per 31 Desember 2024;
  2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) jenjang sebelumnya sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau dilegalisir dan diunggah pada aplikasi pendaftaran;
  3. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dengan skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP 450/ Duolingo 80/ TOEFL ® IBT 45/IELTS 5.0/TOEIC 440. Dokumen sertifikat kemampuan Bahasa Inggris dikecualikan apabila kandidat adalah lulusan Perguruan Tinggi luar negeri dibuktikan dengan ijazah dengan masa lulus tidak lebih dari 2 tahun terhitung dari tanggal pendaftaran.
  4. Mengunggah bukti telah diterima sebagai peserta diklat sesuai program studi dan Perguruan Tinggi tujuan pada aplikasi pendaftaran dibuktikan dengan Letter of Acceptance (setelah lulus seleksi);
  5. Mengunggah SK Penetapan ASN atau SK pegawai tetap dari Ketua Yayasan;
  6. Mengunggah surat izin mendaftar beasiswa dan mengikuti pendidikan dan pelatihan dari dinas pendidikan kabupaten/kota:
  7. Melampirkan esai/personal statement (format terlampir);
  8. Menandatangani surat pernyataan kesanggupan melaksanakan studi (format terlampir).
Ayo.. Jangan sia-siakan kesempatan ini..!!!