SMP Kristen Ensa

GTK dan Tenaga Administrasi

Foto Bersama Bersama Kepala Sekolah Bpk. Alex B. Mena, S.Pd, M.Pd dan Dewan Guru serta Tenaga Administrasi

PESERTA DIDIK KELAS 9

Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Bpk. L. Kaluti

Peserta Didik Kelas 8 Flamboyan

Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Ibu Almeida Tumani, S.Th

Peserta Didik Kelas 8 Teratai

Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Ibu Feybe Ndawu, S.Th

Peserta Didik Kelas 7 Asoka

Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Ibu Dra. Suyatni Ponsedo

Peserta Didik Kelas 7 Bogenfil

Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Ibu Selfian Gogali, S.Pd

Saturday, January 4, 2025

Beasiswa SMART : Sinar Mas

Apakah anda anak mudaberpreagasi..?

Simak info beasiswa berikut ini.. 


Apa itu Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)

 


Pembelajaran Mendalam merupakan pendekatan yang memuliakan dengan menekankan pada penciptaan suasana belajar dan proses pembelajaran berkesadaran (mindful), bermakna (meaningful), dan menggembirakan (joyful) melalui olah pikir (intelektual), olah hati (etika), olah rasa (estetika), dan olah raga (kinestetik) secara holistik dan terpadu

8 Dimensi Profil Lulusan

  1. Keimanan dan Ketakwaant erhadap Tuhan YME. Individu yang memiliki keyakinan teguh akan keberadaan Tuhan serta menghayati nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Kewargaan. Individu yang memiliki rasa cinta tanah air, mentaati aturan dan norma sosial dalam kehidupan bermasyarakat, memiliki kepedulian, tanggungjawab sosial, serta berkomitmen untuk menyelesaikan masalah nyata yang terkait keberlanjutan manusia dan lingkungan.
  3. Penalaran Kritis. Individu yang mampu berpikir secara logis, analitis, dan reflektif dalam memahami, mengevaluasi, serta memproses informasi untuk menyelesaikan masalah.
  4. Keativitas. Individu yang mampu berpikir secara inovatif, fleksibel, dan orisinal dalam mengolah ide atau jnformasi untuk menciptakan solusi yang unik da bermanfaat.
  5. Kolaborasi. Individu yang mampu bekerja sama secara efektif dengan orang lain secara gotong royong untuk mencapai tujuan bersama melalui pembagian peran dan tanggung jawab.
  6. Kemandirian. Individu yang mampu bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya sendiri dengan menunjukkan kemampuan untuk mengambil inisiatif, mengatasi hambatan, dan menyelesaikan tugas secara tepat tanpa bergantung pada orang lain.
  7. Kesehatan. Individu yang memiliki fisik yang prima, bugar, sehat, dan mampu menjaga keseimbangan kesehatan mental dan fisik untuk mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin (well-being).
  8. Komunikasi. Individu yang memiliki kemampuan komunikasi intrapribadi untuk melakukan refleksi dan antarpribadi untuk menyampaikan ide, gagasan, dan informasi baik lisan maupun tulisan serta berinteraksi secara efektif dalam berbagai situasi.
Untuk penjelasan lebih lengkap dari Puskurjar dapat dilihat di link berikut Apa Itu Pembelajaran Mendalam


Friday, October 11, 2024

Yuk Pelajari Modul Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses belajar mengajar dimana peserta didik dapat mempelajari materi pelajaran sesuai dengan kemampuan, apa yang disukai, dan kebutuhannya masing-masing sehingga mereka tidak frustasi dan merasa gagal dalam pengalaman belajarnya.  (Breaux dan Magee, 2010; Fox & Hoffman, 2011; Tomlinson, 2017). 

Dalam pembelajaran berdiferensiasi, guru harus memahami dan menyadari bahwa tidak ada hanya satu cara, metode, strategi yang dilakukan dalam mempelajari suatu bahan pelajaran.  Guru perlu menyusun bahan pelajaran,  kegiatan-kegiatan, tugas-tugas harian baik yang dikerjakan di kelas maupun yang di rumah, dan asesmen akhir sesuai dengan kesiapan peserta didik dalam mempelajari bahan pelajaran tersebut, minat atau hal apa yang disukai peserta didiknya dalam belajar, dan bagaimana cara menyampaikan pelajaran yang sesuai dengan profil belajar peserta didiknya.

Jadi dalam pembelajaran berdiferensiasi ada 3 aspek yang bisa dibedakan oleh guru agar peserta didiknya dapat mengerti bahan pelajaran yang mereka pelajari, yaitu aspek konten yang mau diajarkan, aspek proses atau kegiatan-kegiatan bermakna yang akan dilakukan oleh peserta didik di kelas, dan aspek ketiga adalah asesmen berupa pembuatan produk yang dilakukan di bagian akhir yang dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.

Pembelajaran berdiferensiasi berbeda dengan pembelajaran individual seperti yang dipakai untuk mengajar anak-anak berkebutuhan khusus.  Dalam pembelajaran berdiferensiasi guru tidak menghadapi peserta didik secara khusus satu persatu agar ia mengerti apa yang diajarkan.  Peserta didik dapat berada di kelompok besar, kecil atau secara mandiri dalam belajar.

Untuk lebih memahami tentang Model Pembelajaran Berdiferensiasi, yuk silahkan dibaca materinya atau didownload pada link berikut ini:

Buku Model Pembelajaran Berdiferensiasi



Friday, April 12, 2024

Cara Mengecek Penerima Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP)

 



Apa itu Program PIP..???

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal SD sampai SMA/SMK dan jalur non formal paket a smpai paket c dan pendidikan khusus. melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Siapa saja calon Penerima PIP yang bisa diusulkan..?

  • Peserta Didik pemegang KIP
  • Peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:
    • Peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:
    • Peserta Didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan
    • Peserta Didik dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera
    • Peserta Didik yang berstatus yatim piatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan
    • Peserta Didik yang terkena dampak bencana alam
    • Peserta Didik yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah
    • Peserta Didik yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah
    • Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan non formal lainnya
Nah, bagaimana cara mengecek data apakah termasuk sebagai penerima PIP ??
Berikut langkah-langkahnya :

1. Silahkan klik link berikut : https://pip.kemdikbud.go.id/home_v1. Kemudian akan tampil seperti


2. Silahkan menuju ke tampilan "Cari Penerima PIP" berikut :


3. Masukkan NISN, NIK dan Hasil Penjulahan Angka Yang Muncul.
4. Setelah itu Pilih Tombol Warna Biru bertuliskan Cari Penerima PIP
5.  Jika Nama Anda sebagai Penerima, akan muncul pemberitahuan dselanjutnya

Demikian cara singkat mengecek data penerima PIP
 




Seleksi Calon Penulis Buku Teks Utama Mata Pelajaran Program Keahlian dan Konsentrasi Keahlian Jenjang SMK/MAK Tahun 2024


Pusat Perbukuan - Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan - Kemendikbudristek, mempunyai tugas dan fungsi untuk menyediakan buku pendidikan yang bermutu. Salah satu penyediaan Buku Teks Pelajaran SMK/MAK dilakukan melalui penyusunan Buku.

Pusat Perbukuan membuka pendaftaran calon penulis Buku Teks Utama Mata Pelajaran Program Keahlian dan Konsentrasi Keahlian Jenjang SMK/MAK Tahun 2024. Formulir ini digunakan untuk menjaring calon penulis buku teks pelajaran (Buku Siswa dan Buku Panduan Guru). Penulis terpilih diharapkan berkomitmen untuk menyusun buku teks pelajaran bersama Pusat Perbukuan.

Judul buku/Mata Pelajaran yang akan disusun di tahun 2024:
1. Dasar-Dasar Teknika Kapal Penangkapan Ikan (Fase E) 
2. Dasar-Dasar Teknika Kapal Niaga (Fase E) 
3. Agribisnis Perbenihan Tanaman (Fase F) 
4. Teknik Energi Surya, Hidro, dan Angin (Fase F) 
5. Nautika Kapal Niaga (Fase F) 
6. Animasi (Fase F) 
7. Pengembangan Gim (Fase F) 
8. Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan (Fase F) 
9. Manajemen Logistik (Fase F) 
10.Teknik Alat Berat (Fase F) 
11. Asisten Keperawatan dan Caregiver (Fase F) 
12. Kuliner (Fase F)


Seleksi dilakukan sesuai prosedur yang ditetapkan. Panitia Seleksi (Pusat Perbukuan) akan menghubungi Bapak/Ibu Calon Penulis  apabila terpilih dalam seleksi ini sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Formulir pendaftaran ditutup pada tanggal 1 Mei 2024 pukul 22.00 WIB. Untuk melakukan pendafftaran, silahkan klik link berikut:

Kriteria umum calon penulis:
  • Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia 
  • Guru mata pelajaran dari 12 mata pelajaran (10 mata pelajaran fase F dan 2 mata pelajaran fase E) atau Akademisi/Praktisi pada bidang yang relevan. 
  • Berlatar belakang pendidikan minimal S1/sederajat dengan latar belakang pendidikan yang relevan.
  • Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun dalam bidang ilmu terkait bagi guru dan akademisi
  • Memiliki pengalaman minimal 5 tahun di dunia usaha dan industri untuk praktisi dan pelaku industri.
  • Memahami Kurikulum Merdeka dan paradigma SMK/MAK.
  • Lebih diutamakan memiliki pengalaman dalam menulis buku/bahan ajar/modul/karya tulis pada bidang terkait.
  • Bersedia bekerja dalam tim yang ditentukan oleh Pusat Perbukuan dan mengikuti tahapan penyusunan buku teks SMK/MAK.

Apabila terdapat permasalahan dalam pengisian formulir, dapat menghubungi Admin Pusbuk dengan nomor kontak/whatsapp 081188805220 atau melalui email perbukuan3.kemendikbud@gmail.com.

Selamat mencoba!